Kamis, 29 Juni 2017

Kategori Komplain

Keberhasilan sebuah restoran tidak terlepas dari keseriusan menangani keluhan atau complaint pelanggan atau tamu restoran.
Untuk itu pihak restoran terutama supervisor dan crew service harus mengetahui apa saja yang dikategorikan sebagai
  1. complaint yang sangat besar,
  2. complaint besar,
  3. complaint sedang, dan
  4. complaint ringan.



Complaint sangat besar

Contoh dari complaint yang sangat besar antara lain:
  • Tamu mengalami keracunan makanan & minuman
  • Tamu mengalami kecelakaan fisik yang disebabkan bukan dari kesalahannya
  • Terjadi tindak kekerasan oleh petugas atau crew restoran dalam memberikan pelayanan kepada tamu.

Complaint besar

Contoh dari complaint besar antara lain:
  • Waiter menumpahkan seluruh makanan & minuman dan mengenai tamu\
  • Waiter mengganti pesanan tamu tanpa konfirmasi sebelumnya
  • Waiter menjawab permintaan atau pesanan atau pertanyaan tamu dengan bahasa non verbal sehingga tamu merasa tersinggung
  • Terdapat benda atau sesuatu pada makanan / minuman yang membahayakan kesehatan tamu

Complaint sedang
Contoh dari complaint sedang antara lain:
  • Pada saat penyajian, waiter menggunakaan peralatan yang tidak bersih
  • Waktu penyajian yang lama hingga lebih dari 30 menit
  • Banyaknya lalat yang mengganggu kenyamanan tamu saat makan & minum
  • Makanan yang disajikan berbau amis, busuk, rusak, mentah atau gosong

Complaint kecil
Contoh dari complaint kecil antara lain:
  • Masakan atau minuman terlalu asam atau kecut, terlalu manis/pahit, kurang manis/pahit, kurang kental, terlalu encer/cair, terlalu pedas atau kurang pedas, terlalu asin atau kurang asin
  • Waiter atau kasir kurang ramah
  • Toilet kurang bersih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Standar Grooming di Hotel

Grooming Hotel A. Pengertian Kata grooming berarti penampilan yang rapi, serasi, dan harmonis. Dalam kata penampilan ( appeaeranc...