Untuk itu pihak restoran terutama supervisor dan crew service harus mengetahui apa saja yang dikategorikan sebagai
- complaint yang sangat besar,
- complaint besar,
- complaint sedang, dan
- complaint ringan.
Complaint sangat besar
Contoh dari complaint yang sangat besar antara lain:
- Tamu mengalami keracunan makanan & minuman
- Tamu mengalami kecelakaan fisik yang disebabkan bukan dari kesalahannya
- Terjadi tindak kekerasan oleh petugas atau crew restoran dalam memberikan pelayanan kepada tamu.
Complaint besar
Contoh dari complaint besar antara lain:
- Waiter menumpahkan seluruh makanan & minuman dan mengenai tamu\
- Waiter mengganti pesanan tamu tanpa konfirmasi sebelumnya
- Waiter menjawab permintaan atau pesanan atau pertanyaan tamu dengan bahasa non verbal sehingga tamu merasa tersinggung
- Terdapat benda atau sesuatu pada makanan / minuman yang membahayakan kesehatan tamu
Complaint
sedang
Contoh dari
complaint sedang antara lain:
- Pada saat penyajian, waiter menggunakaan peralatan yang tidak bersih
- Waktu penyajian yang lama hingga lebih dari 30 menit
- Banyaknya lalat yang mengganggu kenyamanan tamu saat makan & minum
- Makanan yang disajikan berbau amis, busuk, rusak, mentah atau gosong
Complaint
kecil
Contoh dari
complaint kecil antara lain:
- Masakan atau minuman terlalu asam atau kecut, terlalu manis/pahit, kurang manis/pahit, kurang kental, terlalu encer/cair, terlalu pedas atau kurang pedas, terlalu asin atau kurang asin
- Waiter atau kasir kurang ramah
- Toilet kurang bersih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar