Rabu, 05 Juli 2017

Standar Penyajian Makanan

Standar Penyajian Makanan

Ada 3 macam:
  1. Buffet Style / Prasmanan
  2. Alacarte / Satu per satu menu
  3. Set Menu / Table d'hote

* Buffet style
Istilah awamnya adalah prasmanan.
Anda bebas memilih dan mengambil makanan yang tersedia di meja prasmanan.
Umumnya, tamu undangan akan makan sambil berdiri.
Karena Anda makan berdiri, biasanya penggunaan alat makan juga lebih sederhana, bisa jadi cukup menggunakan sendok saja. Justru agak sulit jika Anda menggunakan peralatan makan lengkap, seperti pisau atau garpu jika makan berdiri.

Etiket makan untuk jamuan prasmanan juga tak kaku. Anda boleh saja memulai makan dengan makanan penutup seperti buah, lalu kembali lagi ke buffet untuk mengambil makanan utama atau appetizer.

* Ala carte
Karakter utama penyajian ala carte adalah price per dish atau terdapat harga dari setiap satu menu yang di pesan.
Karakter lainnya adalah makanan dimasak setelah dipesan dan tidak memerlukan menu komplit. Porsi satu jenis makanan yang Anda pesan cukup besar, jadi tak perlu memesan atau makan lebih dari satu menu.
Penggunaan alat makan juga praktis, karena tak banyak menu yang disajikan. Semakin banyak menu semakin bervariasi alat makan yang disediakan.


* Table D'hote atau set menu
Penyajian set menu terdiri atas 4-6 menu dan disajikan berurutan dengan jeda.
Etiketnya, Anda tak bisa memilih makanan atau hanya memakan apa yang dihidangkan. Yang juga tak kalah penting adalah penggunaan alat makan harus sesuai.
Set menu lengkap terdiri atas appetizer, soup, entree, sorbet, main course, dessert, dan ditutup dengan coffee & tea. Atau secara umum, set menu juga bisa saja hanya terdiri atas makanan pembuka, sup, hidangan utama, makanan penutup, dan kopi atau teh.

Nah, biasanya ciri paling mudah dikenali dari penyajian set menu ini adalah meja Anda sudah disediakan peralatan makan lengkap yang tertata rapi, dengan serbet dan sebuah menu yang bertuliskan makanan yang akan dihidangkan dalam jamuan makan set menu tersebut.
"Jika ternyata dalam menu dituliskan makanan yang tidak Anda makan, misalnya saja Anda vegetarian, sementara hidangan yang disajikan

sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2010/11/16/15230427/beda.ala.carte.dan.set.menu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Standar Grooming di Hotel

Grooming Hotel A. Pengertian Kata grooming berarti penampilan yang rapi, serasi, dan harmonis. Dalam kata penampilan ( appeaeranc...