Rabu, 05 Juli 2017

Cara Menerima Reservasi

Cara Menerima Reservasi

Permintaan Reservasi

Reservation Inguiries adalah permintaan reservasi dari para pelanggan.
Untuk menghadapi permintaan reservasi, waiter/ess harus mengumpukkan informasi atau data tentang calon tamu dan orang yang memesan.
Informasi yang diperlukan antara lain :
  1. Nama Tamu
  2. Nomor Telepon
  3. Untuk Berapa Orang
  4. Tanggal & Jam Kedatangan
  5. Info ke customer, berapa lama time waiting restoran kita (Standar kita adalah 5 menit dari tanggal apabila tidak ada konfirmasi pembatalan
  6. Apabila event tertentu, info ke customer berapa minimum pax yang harus dibayarkan dan menu yang disajikan
  7. Info ke customer, berapa Down Payment yang akan dibayarkan
  8. Apakah ada permintaan khusus, misal: apakah bawa sound system, proyektor, ataukah ada setting meja tertentu / prefer duduk di meja tertentu, dan lain-lain

Informasi yang telah diperoleh akan dimasukan kedalam formulir Pemesanan Restoran atau Komputer Terminal
.

SOP Menerima Reservasi by Phone

SOP untuk penerimaan reservasi dengan menggunakan telepon adalah sbb:
  1. Angkat gagang telepon dengan tangan kiri
  2. Menyampaikan salam
  3. Menyebutkan identitas diri, dan menawarkan apakah ada yang bisa dibantu
  4. Apabila tamu hendak melakukan reservasi, maka waiter/ess akan menanyakan nama dari tamu yang sedang menelepon
  5. Menanyakan dan mencatat nomor telepon dari tamu tersebut
  6. Menanyakan Tanggal & Jam Kedatangan
  7. Menanyakan untuk berapa orang
  8. Info ke customer, berapa lama time waiting restoran kita (Standar kita adalah 5 menit dari tanggal apabila tidak ada konfirmasi pembatalan
  9. Apabila event tertentu, info ke customer berapa minimum pax yang harus dibayarkan dan menu yang disajikan
  10. Info ke customer, berapa Down Payment yang akan dibayarkan
  11. Apakah ada permintaan khusus, misal: apakah bawa sound system, proyektor, ataukah ada setting meja tertentu / prefer duduk di meja tertentu, dan lain-lain
  12. Mencatat semua informasi reservasi yang telah terkumpul
  13. Melakukan pengulangan dari semua informasi yang telah didapat ke tamu
  14. Menanyakan apakah ada hal lain yang bisa dibantu?
  15. Mengucapkan terima kasih atas reservasi dan salam pada bagian akhir
  16. Meletakkan gagang telepon dengan pelan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Standar Grooming di Hotel

Grooming Hotel A. Pengertian Kata grooming berarti penampilan yang rapi, serasi, dan harmonis. Dalam kata penampilan ( appeaeranc...