Permintaan Reservasi
Reservation Inguiries adalah permintaan reservasi dari para pelanggan.
Untuk menghadapi permintaan reservasi, waiter/ess harus mengumpukkan informasi atau data tentang calon tamu dan orang yang memesan.
Informasi yang diperlukan antara lain :
- Nama Tamu
- Nomor Telepon
- Untuk Berapa Orang
- Tanggal & Jam Kedatangan
- Info ke customer, berapa lama time waiting restoran kita (Standar kita adalah 5 menit dari tanggal apabila tidak ada konfirmasi pembatalan
- Apabila event tertentu, info ke customer berapa minimum pax yang harus dibayarkan dan menu yang disajikan
- Info ke customer, berapa Down Payment yang akan dibayarkan
- Apakah ada permintaan khusus, misal: apakah bawa sound system, proyektor, ataukah ada setting meja tertentu / prefer duduk di meja tertentu, dan lain-lain
Informasi yang telah diperoleh akan dimasukan kedalam formulir Pemesanan Restoran atau Komputer Terminal.
SOP Menerima Reservasi by Phone
SOP untuk penerimaan reservasi dengan menggunakan telepon adalah sbb:
- Angkat gagang telepon dengan tangan kiri
- Menyampaikan salam
- Menyebutkan identitas diri, dan menawarkan apakah ada yang bisa dibantu
- Apabila tamu hendak melakukan reservasi, maka waiter/ess akan menanyakan nama dari tamu yang sedang menelepon
- Menanyakan dan mencatat nomor telepon dari tamu tersebut
- Menanyakan Tanggal & Jam Kedatangan
- Menanyakan untuk berapa orang
- Info ke customer, berapa lama time waiting restoran kita (Standar kita adalah 5 menit dari tanggal apabila tidak ada konfirmasi pembatalan
- Apabila event tertentu, info ke customer berapa minimum pax yang harus dibayarkan dan menu yang disajikan
- Info ke customer, berapa Down Payment yang akan dibayarkan
- Apakah ada permintaan khusus, misal: apakah bawa sound system, proyektor, ataukah ada setting meja tertentu / prefer duduk di meja tertentu, dan lain-lain
- Mencatat semua informasi reservasi yang telah terkumpul
- Melakukan pengulangan dari semua informasi yang telah didapat ke tamu
- Menanyakan apakah ada hal lain yang bisa dibantu?
- Mengucapkan terima kasih atas reservasi dan salam pada bagian akhir
- Meletakkan gagang telepon dengan pelan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar